Motto

Ketahuilah Semua yang Engkau Katakan dan Jangan Katakan Semua yang Engkau Ketahui . Pengetahuan Manusia tidaklah tak terbatas mari kita manfaatkan untuk saling berbagi. Membagi ilmu akan semakin memperkaya Pengetahuan Kita

Perjalanan karirku

A. VISI DAN MISI HIDUP dan KEHIDUPAN SEBAGAI GURU 
      Visi dan misi hidup dan kehidupan saya sebagai guru adalah sebagai berikut:

Visi
Visi hidup dan kehidupan saya sebagai Guru mempunyai visi mewujudkan Peserta didik mampu membekali diri dalam menghadapi kehidupan masa depan melalui peningkatan mutu Pendidikan.

Misi
Saya sebagai seorang guru yang dituntut untuk lebih profesional mempunyai misi berikut:
  1. Akan berupaya meningkatkan kompetensi saya sebagai guru ;
  2. Meningkatkan mutu pembelajaran;
  3. Meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu.
Tujuan
Sejalan dan fungsinya, kedudukan guru sebagai tenaga profesional bertujuan melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yakni berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Seperti yang tertuang dalam undang undang guru dan dosen.
1. Perjalanan karir ku
Karir saya sebagai seorang guru saya awali pada akhir tahun 1999 tetapi baru mendapatkan SK sebagai guru Honorer pada tahun ajaran 2000/2001 di Sebuah SMA swasta DI Propinsi DIY tepatnya di SMA KOLOMBO YOGYAKARTA. SMA ini merupakan milik yayasan Masjid jendral Sudirman di komplek perumahan kolombo- Demangan – Yogyakarta. Sebagai guru baru merupakan tantangan real yang harus dihadapi untuk menerapkan apa yang diperoleh selama di bangku kuliah. Karena kinerja dianggap layak untuk membimbing ektra kurikuler maka pada tahun ajaran 2001/ 2002 saya di tunjuk sebagai Pembina KIR (Karya Ilmiah Remaja) SMA Kolombo Yogyakarta. Saya harus berjuang sekuat tenaga agar SMA Kolombo Yogyakarta Terutama ektra KIR mendapat perhatian di mata masyarakat. Karena Prestasi Sekolah swasta sangat menentukan kelanggengan sekolah tersebut, sehingga kami dituntut untuk dapat memberikan prestasi terbaik. Walhasil pada saat Perpustakaan Kabupaten Sleman Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Sinopsis tingkat SMA se kabupaten sleman tahun 2001 kami mengirimkan 1 siswa yang bernama Amril Fadli untuk mengikuti lomba tersebut. Memang persaingannya sangat berat terutama dengan siswa siswa SMA Negeri, tetapi dengan belajar dan berlatih terus akhirnya kami mampu meraih juara walaupun hanya juara 2. Tahun berikutnya dengan lomba yang sama kami mengirimkan 2 peserta atas nama Dela dan Dede dapat meraih juara 2 dan 3 untuk kategori Non fiksi.
Perjuangan saya sebagai guru untuk mendapatkan penghidupan yang layak tidak henti henti, pada tahun 2003 akhirnya saya memutuskan untuk hijrah Ke Kota Tegal Mengikuti Seleksi Guru Bantu yang akhirnya diterima dan di tempatkan di SMA Negeri 1 Tegal. Dari segi kwalitas peserta didik SMA N 1 Tegal memang lebih unggul dibandingkan dengan SMA di Tegal dan sekitarnya. Banyak potensi yang bisa digali dan dikembangkan dari peserta didiknya. Setelah 1 tahun di sekolah ini saya mulai ditugasi sebagai Pembina KIR SMA N 1 Tegal. Karena memang potensi siswa yang lebih sebagai pembina kami mencoba mengarahkan dan membimbing, banyak prestasi yang memang SMA N 1 Tegal sebagai Gudang Prestasi diantaranya :
  1. Juara 1 Lomba Karya ilmiah Remaja Tingkat Kota Tegal atas nama Wenti Anggraeni dan widita dana martanti Tahun 2005
  2. Juara 2 Lomba KIR tingkat kota Tegal atas nama eka Harismiati dan Olivia Zilmi tahun 2005
  3. Juara 1 lomba Sinopsis tingkat Propinsi atas nama Nana Riski Susanti tahun 2006
  4. Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Sains untuk Siswa SMA dan MA Se-Indonesia di Jogajakarta tahun 2007
  5. Juara 1, 2, 3 Seleksi Olimpiade sains Nasional (OSN) tingkat Kota Tegal tahun 2007 bidang Biologi.
  6. Juara 3 Seleksi Olimpiade Sains Nasional SMA Tingkat propinsi jawa tengah tahun 2007
  7. Pembimbingan teman sejawat Guru dan karyawan SMA N 1 Tegal untuk program Microsoft Office tingkat dasar tahun 2006
  8. Pembimbingan teman sejawat Guru dan karyawan SMA N 1 Tegal untuk program Powerpoint dan Multimedia tahun 2007
  9. Pembimbingan teman sejawat Guru dan karyawan SMA N 1 Tegal untuk program Internet dan Aplikasinya tahun 2008
  10. Pembimbingan teman sejawat Guru dan karyawan SMA N 2 Tegal untuk program Powerpoint dan Multimedia dalam rangka pelaksanaan RSKM tahun 2009
  11. Pembimbingan kepada guru guru Biologi SMA Kota Tegal untuk pembuatan bahan ajar berbasis ICT tahun 2009
  12. Sebagai guru pemandu mapel Biologi SMA Kota Tegal periode 2010 - 2011
2. Pengalaman Kerja
Karir saya sebagai seorang guru dimulai sebelum lulus kuliah. Berawal dari seorang guru Honorer dengan gaji Rp 150.000,- kami mengabdikan diri Di SMA Kolombo Sleman. Pengalaman terbaik selama di SMA Kolombo diantaranya sebagai Pembina KIR, mengajar ektra kurikuler komputer dan sebagai ketua Studi lapangan (study Field) mata pelajaran IPA di pantai Krakal dan Mbaron kabupaten Gunung kidul.
Setelah pindah mengajar di SMA N 1 Tegal beberapa pengalaman yang saya peroleh selain pembina KIR dan pembina OSN adalah :
  1. Sebagai Admin Program SIMSEKO (Sistem Informasi Manajemen Sekolah)
  2. Sebagai admin web site sma n 1 tegal di http://www.smun1-tgl.sch.id yang kemudian berubah menjadi http://www.sman1-tegal.sch.id
  3. Sebagai Admin e-learning SMA N 1 Tegal dengan Moodle di www.ict.sman1tegal.com
  4. Pengelola Smart Card atau kartu absensi siswa dan Guru serta.
  5. Layanan SMS gateway seputar informasi sekolah.Mulai tahun 2008 saya diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di SMAN 2 Tegal, beberapa pengalaman berharga yang saya peroleh selama di SMA N 2 Tegal,
a. Sebagai team pengembang SMA N 2 Tegal
b. Biro Akademik yang bertugas mengelola data, baik data akademik data siswa dan sekolah yang tergabung dalam Paket Aplikasi Sekolah (PAS)
c. Admin web site: http://sman2-tegal.sch.id
d. Admin layanan sms gateway ke 3011
e. Bersama guru TIK bergabung menjadi Team ICT SMA N 2 Tegal
Dalam Ujian Nasional Penulis ditunjuk sebagai team teknis Pada tingkat Rayon SMA yang bertugas menyiapkan dan mendistribusikan Soal Ujian Nasional sekaligus menerima hasil ujian Dari masing masing sekolah.
3. Prestasi dalam pengembangan profesi

Prestasi
  • Juara 1 Lomba guru berprestasi Tingkat Kab/Kota Tahun 2011
  • Juara 1 Lomba Tutor Kesetaraan berprestasi tingkat Kota tahun 2012
  • Juara III Lomba Keluarga harmonis tingkat Kota Tegal tahun 2012 
  • Peringkat ke-6 tutor prestasi tingkat propinsi jateng tahun 2012
  • Guru Pemandu Mapel Biologi SMA/MA Kota Tegal tahun 2010-2011
Pengembangan profesi seorang guru dituntut untuk lebih dikembangkan, pengembangan profesi seperti penyusunan karya tulis ilmiah, penyusunan buku, karya inovatif, karya seni dan lain lain merupakan tuntutan seorang pendidik di era sekarang. Penulis juga mencoba menyusun karya tulis berupa penelitian penggunaan media pembelajaran. Penelitian yang pernah kami tulis dengan judul “ Pemanfaatan Temporary internet File sebagai media Pembelajaran Biologi Guna meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar Peserta Didik” sekaligus untuk mengikuti lomba keberhasilan Guru dalam pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2006.
Karya lain yang coba kami susun diantaranya Penyusuan media pembelajaran interaktif dengan program powerpoint, e-learning dan media blog dan facebook.

PRESTASI DALAM BERKELUARGA DAN BERMASYARAKAT
Figur guru sebagai panutan masyarakat sepertinya masih bisa diakui, sebagai contoh kebanyakan guru dimasyarakat ditunjuk sebagai ketua RT ketua RW pengurus tempat ibadah dan sebagainya. Kemudian dalam acara acara yang sifatnya spontan seperti Pemilihan Kepala daerah, pemilihan legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden biasanya guru ditunjuk sebagai panitia minimal pada tingkat KPPS. Penulis sendiri pernah menjabat asebagai Ketua KPPs Kelurahan Debong tengah dalam rangka pemilihan Gubernur dan wakil gubernur jawa tengah tahun 2008. Selanjutnya pada tahun yang sama menjabat juga sebagai ketua KPPS kelurahan Debong tengah (TPS 09) dalam rangka pemilihan walikota dan wakil walikota. Tahun 2009 dalam pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2009 dan pemilihan Presiden dan wakil presiden tahun 2009 juga ditunjuk sebagai Ketua KPPS.
Melalui program pemberdayaan wanita /Program PKK, penulis pernah terlibat dalam program kerja II PKK yang menangani pendidikan yakni program Bina Keluarga Balita (BKB) disini penulis berperan sebagai tutor atau pemberi materi dengan peserta anggota keluarga yang memiliki balita dalam keluarga. Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Program lain dari pokja II antara lain program keaksaraan fungsional (KF) yaitu program Pemerintah untuk menuntaskan Buta aksara. Peserta dari program ini adalah warga disekitar baik usia muda maupun tua yang belum bisa membaca dan menulis untuk tahap pertama. Kemudian tahap berikutnya adalah pembekalan ketrampilan bagi para ibu ibu rumah tangga untuk bisa berkreasi memperoleh penghasilan tambahan dengan bekal ketrampilan yang diperoleh.

HARAPAN DAN RENCANA KEGIATAN MASA DATANG
A. Harapan dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan
  1. Guru Diharapkan menguasai semua kompetensi baik Pedagogik, Kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi Profesional.
  2. Pemberian Kebebasan guru untuk menentukan arah kebijakan keberhasilan peserta didik di dalam kehidupan bermasyarakat nantinya.
  3. Sistem birokrasi yang mudah untuk peningkatan mutu pendidik melalui studi lanjut.
  4. Pemberian penghargaan atau perhatian lebih bagi para guru dan siswa yang memiliki prestasi baik di tingkat daerah maupun nasional.
  5. Pemerintah turut berperan aktif dalam pemberian sarana dan prasarana untuk peningkatan prestasi di bidang pendidikan.

Tidak ada komentar: