Motto

Ketahuilah Semua yang Engkau Katakan dan Jangan Katakan Semua yang Engkau Ketahui . Pengetahuan Manusia tidaklah tak terbatas mari kita manfaatkan untuk saling berbagi. Membagi ilmu akan semakin memperkaya Pengetahuan Kita

Kingdom Plantae

Kingdom Plantae meliputi organisme multiseluler, eukariotik dan selnya telah memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa. Plantae meliputi tumbuhan lumut (Bryophyta), Tumbuhan Paku (Tracheophyta) dan Tumbuhan Biji(Spermatophyta)

Berikut akan dibahas satu per satu secara terinci.

A. Bryophyta




Bryophyta adalah tumbuhan darat yang tubuhnya tidak dapat dibedakan antara akar, batang dan daun.
Selain itu tumbuhan lumut tidak memiliki pembuluh angkut namun memiliki klorofil sehingga digolongkan ke dalam kingdom Plantae. Sebagian lumut ada yang tubuhnya berupa thalus (lembaran) dan ada juga yang sudah memiliki bagian tubuh mirip akar, batang dan daun. Oleh sebab itu lumut disebut juga peralihan antara tumbuhan berthalus dan tumbuhan berkormus yang memiliki akar, batang dan daun sejati. (Lihat selengkapnya)

B. Tumbuhan Paku (Tracheophyta)


Video : Tumbuhan Paku

Tumbuhan Paku ( Pteridophyta ) merupakan tumbuhan berpembuluh yang memiliki akar, batang dan daun sejati serta berkembangbiak dengan spora. (materi selengkapnya)

C. Spermatophyta



Spermatophyta adalah golongan tumbuhan yang menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakan generatifnya. Sering juga disebut tumbuhan berbunga (Anthophyta), karena biji asalnya dari perkembangan bunga yang telah mengalami penyerbukan dan pembuahan. Bunga biasanya terlihat jelas dan berfungsi sebagai alat penyerbukan atau alat perkawinan, sehingga tumbuhan yang menghasilkan bunga disebut Phanerogamae. Tumbuhan berbiji dapat dibedakan menjadi dua subdivisi, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiosperma). (materi selengkapnya)

Tidak ada komentar: