Motto

Ketahuilah Semua yang Engkau Katakan dan Jangan Katakan Semua yang Engkau Ketahui . Pengetahuan Manusia tidaklah tak terbatas mari kita manfaatkan untuk saling berbagi. Membagi ilmu akan semakin memperkaya Pengetahuan Kita

Soal &pembahasan Monera


  1. jelaskan Perbedaan antar Eubacteria dengan archaebacteria !
  2. Jawab :

    Perbedaan antara bakteri dan archaebacteria adalah:

    Bakteri : dinding sel mengandung peptidoglikan, mempunyai satu jenis RNA polimerase, dan susunan hidrokarbon pada lipid membran tidak bercabang

    Archaebacteria : dinding sel tidak mengandung peptidoglikan, mempunyai banyak RNA polimerase, dan susunan hidrokarbon pada lipid membran bercabang


  3. Apa perbedaan antara bakteri gram positif dengan gram negatif
  4. Jawab :

    Bakteri Gram positif adalah kelompok bakteri yang mempunyai peptidoglikan di luar membran plasma dan berwarna ungu setelah pewarnaan Gram.

    Bakteri Gram negatif adalah kelompok bakteri yang mempunyai sedikit peptidoglikan yang terletak diantara membran plasma dan membran luar, serta berwarna merah setelah pewarnaan Gram.


  5. Bagaimanakah cara perkembangbiakan bakteri ?
  6. Jawab :

    Bakteri dapat bereproduksi secara aseksual maupun seksual

    Reproduksi aseksual berlangsung melalui pembelahan biner, yaitu pembelahan secara langsung dari satu sel majadi dua sel tanpa adanya tahapan pembelahan.

    Reproduksi seksual berlangsung melalui proses konjugasi, yaitu perpindahan materi genetik dari satu bakteri ke bakteri yang lain melalui saluran konjugasi yang terbentuk ketika dua sel bakteri berdekatan.


  7. Apa yang dimaksud dengan tranformasi pada bakteri ?
  8. Jawab :

    Transformasi pada bakteri yaitu proses perpindahan plasmid dari satu bakteri ke bakteri yang lain tanpa melalui saluran konjugasi. Transformasi merupakan cara bakteri untuk menularkan sifatnya ke bakteri yang lain, karena plasmid bakteri mengandung gen-gen pengkode sifat tertentu, misalnya pengkode sifat patogen atau gen pengkode resistensi terhadap antibiotik. Contoh: jika plasmid dari satu bakteri yang membawa sifat resisten terhadap antibiotik penicilin berpindah ke sel bakteri lain yang sensitif terhadap antibiotik penicilin, maka bakteri yang mula-mula sensitif menjadi resisten terhadap antibiotik penicilin.


  9. Apa yang dimaksud bakteri Aerobik
  10. Jawab :

    Bakteri aerobik adalah bakteri yang menggunakan oksigen bebas dari udara untuk pernapasannya. Contoh: bakteri Nitrosomonas memerlukan O2 untuk memecah amonia menjadi nitrit dan sejumlah energi.


  11. Mengapa alga biru tidak termasuk kelompok alga eukariotik ?
  12. Jawab :

    Alga hijau-biru tidak termasuk kedalam golongan alga eukariotik karena inti selnya tidak mempunyai membran, sedangkan eukariotik adalah kelompok organisme yang inti selnya mempunyai membran.


  13. Jelaskan cara reproduksi aseksual alga hijau biru !
  14. Jawab :

    Reproduksi aseksual alga hijau-biru adalah dengan pembelahan sel, fragmentasi, dan pembentukan spora.


  15. Apa yang dimaksud hormogonium pada alga hijau-biru
  16. Jawab :

    Hormogonium merupakan hasil pemutusan atau fragmentasi alga hijau-biru yang berbentuk filamen. Fungsi hormogonium adalah membentuk filamen baru. Akinet merupakan spora yang berdinding tebal yang berfungsi untuk pertahanan sel apabila kondisi lingkungan kurang menguntungkan.


  17. Jelaskan perbedaan antar bakteri dan ganggang biru
  18. Jawab :

    Perbedaan utama antara bakteri dan alga biru adalah bakteri bersifat heterotrof karena tidak memilki klorofil, sedangkan alga hijau biru bersifat autotrof karena memiliki klorofil.




_________________________________________

1 komentar:

constatine mengatakan...

Mafgaf soalnya kok dikit amat