Motto

Ketahuilah Semua yang Engkau Katakan dan Jangan Katakan Semua yang Engkau Ketahui . Pengetahuan Manusia tidaklah tak terbatas mari kita manfaatkan untuk saling berbagi. Membagi ilmu akan semakin memperkaya Pengetahuan Kita

Hakekat Biologi Sebagai Ilmu


Biologi berasal dari kata Bios = hidup; Logos = ilmu/membicarakan ). Suatu pengetahuan yang membicarakan seluk-beluk masalah kehidupan mahluk hidup, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia dan jenis mahluk hidup lainnya. Akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, biologi mengalami perkembangan sehingga memunculkan cabang-cabang ilmu seperti :
  • Endokrinologi : Khusus mempelajari masalah kelenjar dan hormon.
  • Kardiologi : Khusus mempelajari masalah jantung
  • Biofisika : Khusus mempelajari prinsip-prinsip fisika dalam biologi.
  • Biogeografi : Khusus mempelajari sebaran flora dan fauna di dunia
Sebagai ilmu murni, biologi sangat mendasari berkembangnya berbagai ilmu terapan seperti di bidang pertanian, peternakan, kedokteran atau kesehatan, industri, farmasi dan lain sebagainya.
Mengapa Biologi dikategorikan sebagai Ilmu pengetahuan atau sain? tentunya ada beberapa alasan yang mendasari
  1. Konkret, biologi memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan dapat ditangkap oleh indera.
  2. Logis, biologi dikembangkan berdasarkan cara berpikir logis. Cara berpikir logis adalah cara berpikir dengan menggunakan logika dan objek. Kesimpulan yang diambil berdasarkan logika-logika tertentu, baik secara induktif atau deduktif.
  3. Objektif, Hasil dari biologi merupakan suatu produk yang terhindar dari maksud maksud tertentu pelaku (subjektif), baik itu berupa kepentingan seseorang maupun golongan.
  4. Empiris, biologi dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman konkret yang dapat dirasakan oleh semua orang dan dapat dibuktikan secara ilmiah.
  5. Sistematis Hasil kajian biologi, baik hasil penelitian atau kajian ilmiah, didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan berurutan.
  6. Universal, Teori-teorinya berlaku umum
Berdasarkan struktur keilmuan BSCS, biologi memiliki objek berupa kerajaan Plantae, Animalia, dan Protista. Ketiga objek ini dikaji pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer. Adapun persoalan yang dikaji meliputi Biologi sebagai penemuan, sejarah konsep biologi, evolusi, keseragaman dan keanekaragaman, genetik dan keberlangsungan hidup, organisme dan lingkungan, perilaku, struktur dan fungsi, serta regulasi.
Menurut meyer 1988 hakekat biologi dapat digambarkan dalam bangun 3 dimensi seperti gambar dibawah ini


A. Ruang lingkup biologi (uraian Materi)
B. Struktur Organisasi Kehidupan (uraian materi)
C. metode Ilmiah (uraian materi)
D. Peranan Biologi bagi kehidupan (uraian Materi)

Tidak ada komentar: