Motto

Ketahuilah Semua yang Engkau Katakan dan Jangan Katakan Semua yang Engkau Ketahui . Pengetahuan Manusia tidaklah tak terbatas mari kita manfaatkan untuk saling berbagi. Membagi ilmu akan semakin memperkaya Pengetahuan Kita

D. Peranan Biologi bagi kehidupan

1. Bidang kedokteran atau kesehatan

Penyebab penyakit malaria bukan udara buruk tetapi kuman yang disebarkan oleh nyamuk Anophles, maka upaya yang dilakukan manusia adalah bagaimana memberantas nyamuk anophles. Dengan menguasai cabang-cabang biologi seperti anatomi, fisiologi , histology, mikrobiologi, Zoologi dan lain sebagainya, para dokter dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

2. Bidang pertanian

Penemuan bibit unggul melalui seleksi, persilangan, mutasi, radiasi pada tanaman, serta kultur jaringan mampu menghasilkan bibit unggul yang dapat mendorong peningkatan produksi pangan. Di samping itu penggunaan pupuk buatan secara tepat, penggunaan alat-alat pemberantas hama dengan tepat dapat meningkatkan produksi pangan secara signifikan dari tahun ke tahun

3. Bidang peternakan dan perikanan

Pengembangan peternakan dan perikanan tidak lepas dari peranan biologi khususnya dalam bidang taksonomi, anatomi, ambriologi, fisiologi. Melalui seleksi buatan dan persilangan didapatkan berbagai jenis hewan varietas unggul misalnya sapi Friest Holand, Hereford dan Gertrudis.

4. Bidang industri

Dalam industri sandang telah diperoleh dan dikembangkan berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang menghasilkan serat misalnya kapas, sutera.

5. Bidang farmasi

Dalam bidang farmasi telah ditemukannya berbagai obat, antibiotika dan vaksin untuk berbagai macam penyakit.

<< sebelumnya .......................... ke awal >>

Tidak ada komentar: