Motto

Ketahuilah Semua yang Engkau Katakan dan Jangan Katakan Semua yang Engkau Ketahui . Pengetahuan Manusia tidaklah tak terbatas mari kita manfaatkan untuk saling berbagi. Membagi ilmu akan semakin memperkaya Pengetahuan Kita

Penanganan Limbah

Limbah merupakan sumber daya alam yang telah kehilangan fungsinya. Keberadaannya dalam lingkungan dapat mengganggu baik dalam hal keindahan, kenyamanan, maupun kesehatan. Akumulasi limbah memiliki potensi menjadi polutan penyebab pencemaran, oleh karena itu adanya limbah perlu mendapat perhatian seksama serta penanganan semaksimal mungkin sebelum menimbulkan kerugian-kerugian yang lebih besar bagi masyarakat.


Bermacam-macam limbah dapat berada di sekitar kita, baik limbah cair maupun padat, baik yang berasal dari kegiatan rumah tangga berupa limbah domestik, maupun aktivitas aktivitas pembangunan.

Upaya pengelolaan, penanganan limbah yang saat ini tengah digalakkan antara lain pemanfaatan kembali limbah yang masih dapat dipakai, tentunya setelah limbah yang ada diseleksi, misal limbah kertas di pabrik, didaur ulang dijadikan kertas kembali, limbah plastik didaur ulang dijadikan alat-alat rumah tangga.


Video : Pengolahan sampah plastik.

Pabrik-pabrik semestinya telah memiliki sistem penampungan serta pengelolaan limbah, sehingga sebagian limbah yang terpaksa di buang di perairan atau lingkungan tidaklah membahayakan masyarakat.

Untuk daerah yang kurang atau tidak memiliki mata air, limbah cair yang ada di selokan dan sungai dapat dialirkan menuju pabrik pengolahan limbah, untuk diproses sehingga dapat menjadi air bersih. Tahap pemrosesan antara lain penyaringan, pemisahan bahan partikel dan proses biologi berupa penggunaaan mikroorganisme aerobik untuk membantu penghancuran limbah organik. Setelah itu dilakukan proses kimia yang bertujuan menjadikan air bersih berkualitas dengan pemakaian bahan-bahan kimia untuk menghilangkan rasa dan bau, zat yang tidak dikehendaki dari air limbah.

Untuk mengurangi limbah padat dapat dilakukan proses penimbunan limbah dalam lubang-lubang galian, dalam skala besar limbah padat dibakar dengan peralatan khusus sehingga gas-gas hasil pembakaran dapat digunakan untuk menggerakkan turbin sedang sisanya berupa abu dapat ditimbun.

Di beberapa negara maju telah banyak dilakukan pemisahan sampah organik dan anorganik untuk keperluan daur ulang. Dalam tiap rumah tangga terdapat tempat sampah yang berwarna-warni sesuai peruntukannya, tidaklah kalah pentingnya untuk mengurangi limbah domestik, setiap warga masyarakat tidak berlaku boros dalam pemanfaatan sumber daya, mengurangi sifat konsumtif.


Tidak ada komentar: